Penyebab Rambut Rontok Pada Pria dan Cara Mengatasinya

penyebab rambut rontok

Rambut rontok merupakan fenomena alami yang terjadi pada hampir seluruh manusia. Bahkan, seseorang bisa kehilangan 40 sampai 60 helai rambut sehari. Semakin banyak rambut seseorang yang rontok maka jika dibiarkan saja bisa menjadi penyebab utama kebotakan. Penyebab rambut rontok sendiri sebenarnya bermacam macam, namun 95% dari kasus rambut rontok adalah karena Androgenetic Alopecia atau yang sering disebut pola penipisan rambut dan kebotakan. Hal tersebut adalah masalah rambut rontok yang sering terjadi pada laki-laki dibandingkan perempuan, dan tolong jangan pernah meremehkan hal ini.

Penyebab Rambut Rontok

Ada bermacam macam penyebab kerontokan rambut. Beberapa penyebab yang umum terjadi adalah sebagai berikut:

  • Ketidakseimbangan hormon adalah penyebab utama rambut rontok. Jika kelenjar tiroid dalam tubuh anda terlalu aktif atau bahkan kurang aktif maka hal ini dapat menyebabkan rambut rontok.
  •  Penderita penyakit berat atau operasi besar dapat juga menyebabkan rambut rontok.
  • Mengkonsumsi beberapa jenis obat obatan juga dapat menjadi penyebab rambut rontok, entah rambut rontok sementara atau malah rambut rontok yang permanen. Beberapa obat-obatan yang mengakibatkan rambut rontok adalah antikoagulan, obat asam urat, pil KB, konsumsi berlebihan vitamin A dan antidepresan juga bisa menjadi penyebab rambut rontok.
  • Umumnya seseorang yang menderita diabetes dan lupus hampir bisa dipastikan  akan terkena masalah rambut rontok.
  • Penggunaan bahan kimia untuk mewarnai, mengecat, memutihkan, meluruskan atau membuat rambut bergelombang secara permanen dapat menyebabkan rambut menjadi rusak jika hal-hal tersebut berlebihan atau tidak benar pengerjaannya. Penataan yang berlebihan dan menyikat rambut secara berlebihan juga dapat menyebabkan rambut rontok jika batang rambut menjadi rusak.
  • Infeksi pada kulit kepala. Infeksi, seperti kurap, dapat menyerang rambut dan kulit kepala, yang membuat rambut rontok. Sekali infeksi diobati, rambut umumnya akan kembali tumbuh. Kurap yang adalah infeksi jamur, biasanya dapat diobati dengan perawatan medis anti jamur.

Bagaimana Cara Mengatasi Rambut Rontok?

Solusi cara mengatasi rambut rontok yang tepat adalah tergantung pada penyebab rambut rontok itu sendiri. Seorang dokter mungkin dapat meresepkan obat yang lebih baik jika penyebab rambut rontok anda adalah karena konsumsi obat obatan yang berlebihan. Menyadari jenis masalah rambut rontok adalah langkah awal yang tepat untuk mengatasi rambut rontok. Langkah selanjutnya adalah untuk mengobati secara efektif baik dengan menggunakan jenis obat-obatan yang aman atau memperbaiki ketidakseimbangan hormon, dll

Saat ini, ada dua obat yang telah disetujui oleh FDA (BPOM nya Amerika), sebagai solusi rambut rontok yang sempurna. Obat obatan tersebut adalah Rogaine dan Propecia. Rogaine adalah solusi yang relevan yang bekerja dengan meningkatkan pertumbuhan folikel rambut, Propecia bekerja untuk menurunkan jumlah hormon laki-laki yang disebut dihidrotestosteron, atau DHT, yang dapat ditemukan dalam aliran darah dan juga di kulit dekat kulit kepala anda. DHT mengurangi ukuran folikel rambut di kulit kepala. Dengan mengurangi konsentrasi DHT, anda dapat menghentikan botak di jalurnya. Dan, anda dapat memiliki kembali rambut indah dan sehat. Kebanyakan pasien mengambil satu 1 mg tablet Propecia sehari untuk penumbuh rambut rontok.

Jika anda mampu berkomitemen untuk mengkonsumsi obat penumbuh rambut rontok ini selama satu tahun atau lebih, maka anda akan mendapatkan hasil yang sangat maksimal. Propecia bekerja dari waktu ke waktu, sehingga anda tidak akan dapat melihat hasilnya dalam waktu singkat. Rambut rontok biasanya mulai menurun dalam waktu tiga bulan. Dengan menggunakan penumbuh rambut rontok ini, rambut akan tumbuh kembali setelah satu tahun atau lebih pemakaian.

Efek samping yang ditimbulkan karena mengkonsumsi Propecia adalah menurunnya gairah seksual, sakit ringan di daerah selangkangan dan efek samping dari penumbuh rambut rontok ini akan berangsur hilang sesuai dengan kondisi rambut anda yang mulai tumbuh kembali.

Jangan lupa untuk berkonsultasi dengan dokter, jika anda juga mengkonsumsi obat penumbuh rambut rontok lain seperti Rogaine atau formulasi bersamaan dengan Propecia yang akan membuatnya lebih efektif. Beberapa orang memiliki hasil yang baik dengan menggunakan strategi dua arah ini untuk mengatasi rambut rontok.