Penyebab Masalah Rambut yang Biasa Terjadi pada Wanita

Rambut merupakan salah satu bagian tubuh yang penting dalam penampilan seseorang. Apalagi bagi kaum perempuan, selain busana yang baik tentunya model rambut juga sangat penting dalam menjaga penampilan mereka. Mereka rela membayar mahal demi memperoleh gaya atau tatanan rambut yang bagus dan cocok untuk penampilan mereka. Tidak sedikit pula dari mereka yang menggunakan produk perawatan rambut yang mengandung bahan kimia yang justru membahayakan rambut mereka.



Masalah rambut yang diakibatkan oleh bahan kimia bisa bermacam macam. Mulai dari rambut rontok sampai kebotakan pada rambut bahkan bisa sampai kanker pada kulit kepala. Penanganannya pun ada yg mudah dengan menggunakan obat obatan alami sampai penanganan yang serius yang berakhir ke dokter kulit bahkan ada juga yang harus sampai ke rumah sakit. Pada artikel ini akan dijelaskan jenis jenis masalah yang biasanya terjadi pada rambut.

Rambut berketombe
Banyak sekali wanita yang mencari solusi untuk rambut mereka yang berketombe. Mulai dari membeli shampo yang mahal atau bisa juga pergi ke dokter spesialis kulit. Rambut ketombe ini ditandai dengan kumpulan sisik partikel di sekitar akar rambut. Gejala awal yang disebabkan oleh rambut ketombe ini adalah rambut rontok. Tapi biasanya gejala yang terjadi berbeda beda pada tiap penderita. Hal hal yang menyebabkan rambut ketombe ini umumnya adalah infeksi pada kulit kepala akibat rambut berminyak atau bisa juga karena peredaran metabolisme pada tubuh yang lambat. Selain itu stress akibat tekanan juga dapat memicu terjadinya rambut berketombe ini.

Rambut keriting
Salah satu faktor penyebab rambut keriting adalah faktor genetik atau keturunan sehingga sulit untuk dilakukan perawatan. Hal lain yang juga  menyebabkan rambut keriting ini biasanya adalah karena dehidrasi pada rambut atau ketika kelembaban pada rambut berkurang dari keadaan normalnya. Ciri ciri rambut keriting adalah kering dan kasar sehingga cenderung patah dan mudah rusak.

Rambut bercabang
Rambut bercabang biasanya disebabkan oleh perawatan rambut yang menggunakan bahan kimia seperti rebonding, mengecat rambut, atau penggunaan hair spray yang berlebihan. Terlalu keras saat menyisir rambut juga dapat menyebabkan hal ini. Ciri ciri rambut bercabang ini adalah pada ujung helai rambut terbagi sehingga saat disisir mudah patah atau rontok.

Rambut bersisik
Jangan salah salah mengartikan rambut bersisik ini karena rambut bersisik dan rambut berketombe adalah 2 hal yang sangat berbeda. Ciri ciri rambut bersisik ini memang hampir sama dengan rambut berketombe. Namun rambut bersisik bisa memicu terjadinya kerontokan pada rambut pada tingkat yang paling parah selain itu juga dapat menghambat pertumbuhan alami pada rambut. Penyebab rambut bersisik ini juga hampir sama dengan rambut bercabang, ialah penggunaan bahan kimia berbahaya pada rambut.

Kesimpulannya, masalah rambut yang menyebabkan kerontokan bisa terjadi karena gangguan rambut itu sendiri seperti rambut bersisik, berketombe, dan bercabang. Selain hal itu, yang menyebabkan kerontokan pada rambut juga bisa karena tidur yang tidak teratur, menopause, perubahan pada hormon, asupan makanan yang salah dan juga tekanan stress. Mengetahui masalah yang terjadi pada rambut anda itu sangat penting karena hal itu berpengaruh pada bagaimana penanganan selanjutnya.

Artikel ini hanya menulis masalah apa saja yang umumnya terjadi pada rambut. Untuk solusi dan cara penanganan ketombe yang benar silakan klik cara mengatasi rambut ketombe . Kunjungi terus blog insolusisehat.blogspot.com Dan jangan lupa untuk mengesharenya di facebook atau twitter agar dapat membantu teman atau saudara anda yang mengalami masalah pada rambutnya.